Sabtu, 17 Maret 2012

Pengobatan Alternatif Kaki-kaki Mobil

Jangan pernah meremehkan bagian kaki - kaki mobil seperti ball joint, tierod, stabilizer dan booshing. Meski komponen tersebut bukan tergolong fast moving, tapi punya usia pakai yang bila diabaikan bisa berakibat fatal. Untuk kondisi jalan yang mulus dan penggunaan yang wajar bagian kaki-kaki harus diganti setiap 100.000 km atau 5 tahun. Jika jalannya rusak dan tabiat pengemudi agak kasar akan mengurangi masa kerja hingga setengahnya.

Ada tanda-tanda dari komponen kaki-kaki sudah dalam kondisi kurang bagus. Seperti ball joint dan tierod biasanya akan mengeluarkan suara berisik, pengendalian cenderung 'liar' karena setir kerap ketarik kanan-kiri dan ban termakan sebelah. Jika kondisi itu terus didiamkan maka kerusakan akan semakin parah dan bisa mengakibatkan ban copot.
Untuk mengganti komponen kaki-kaki disarankan menggunakan produk asli. Selain terjamin keasliannya, ada garansi (bengkel resmi) dan daya tahan, meski harus dibayar dengan harga relatif mahal. Kalau tidak, untuk booshing direkomendasi terbuat dari bahan polyurethane (PU) yang bisa menekan biaya hingga 50 persen. Pada dasarnya, bagian dalam  semua kaki - kaki terbuat dari bahan plastik atau karet  bisa direkondisi. Ball joint, tierod, stabilizer dan booshing-booshing bawaan kendaraan dicopot dan diganti bagian yang rusak menggunakan bahan polyurethane dengan cara memodifikasi.

Tidak ada komentar: